Songgoriti, Negeri di Atas Awan

 

media_travelista_headline
SEJUK selalu menyeruak di Kota Batu, Malang Jawa Timur yang berhias Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Kawi dan Gunung Panderman. Ranumnya buah apel yang menggantung di dahan-dahan pohon semakin menambah indahnya suasana kota ini.  

Dan pernahkan Anda menyusurinya lebih jauh kota yang sejak jaman Belanda dulu sengaja didesain sebagai tempat peristirahatan mereka. Sekitar 2 kilometer dari alun-alun Kota Batu tepatnya di Desa Songgokerto terdapat objek wisata Songgoriti. Di situ dapat dijumpai perpaduan keindahan alam, budaya, sejarah bahkan hiburan.

‘Selamat Datang di Wisata Songgoriti’ demikian kalimat yang tertulis di gapura yang berdiri megah tepat di pinggir jalan poros Kota Batu, akses menuju Kabupaten Kediri.

Bila Anda naik angkutan umum, turun di depan gapura tukang ojek pasti langsung menyambut dan siap mengantar Anda masuk ke pusat objek wisata. Atau bila ingin menikmati panorama alam yang menyehatkan, bisa berjalan kaki karena hanya berjarak sekitar 1 kilometer untuk sampai di lokasi.

Objek wisata Songgoriti ibarat negeri di atas awan. Berada di lereng pegunungan, seperti di lembah yang dikelilingi pepohonan menjulang tinggi.

Sepanjang mata memandang terlihat pepohonan hijau menyejukkan mata. Bangunan hotel dan villa tertata rapi. Begitu eksotisnya tempat ini, ketika pagi hari kabut tipis menyelimuti seluruh kawasan. Matahari memancarkan sinar, kabut perlahan pergi dibarengi irama alam kicauan burung liar mewarnai suasana akrab di tempat ini.

Memasuki siang hari udara tidak terasa panas. Justru segar dan hawa sejuk terus terasa. Hembusan angin akan membawa setiap orang yang berkunjung larut dalam kenikmatan dan keindahan alam semesta.

Memasuki petang, suasana kian romantis. Kabut tipis kembali datang menyapa. Suara serangga malam menambah suasanya semakin harmonis.

Harmoni alam Gunung Panderman dan Gunung Banyak menyuguhkan suasana wisata alam yang semakin lengkap karena di situ ada juga peninggalan sejarah candi dan cerita-cerita rakyat yang unik.

Berwisata di tempat ini tidak akan membosankan. Semua fasilitas tersedia lengkap dengan harga terjangkau. Termasuk makanan bisa didapat secara mudah dan murah.

Bahkan tidak jauh dari tempat ini atau sekitar 1 kilometer arah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, terdapat wisata payung. Tempat nongkrong sambil makan jagung bakar menikmati keindahan alam Gunung Arjuno. Di Pujon juga ada wisata air terjun Coban Rondo.

Namun kunjungi dulu Songgoriti. Dari gapura pintu masuk obyek wisata itu, wisatawan langsung disambut eloknya peninggalan sejarah Candi Songgoriti. Candi eksotis bukti kebesaran leluhur dalam memaknai alam.