Kuliner

Saat anda capek keliling Kota Wisata Batu menelusuri keelokan wisatanya, anda tidak perlu susah payah mencari pusat kuliner untuk mengisi perut yang kosong. Banyak lokasi kuliner yang siap menanti kedatangan anda. Bahkan, suasana di pusat-pusat kuliner di Kota Wisata Batu tidak hanya pas untuk mengisi perut yang kosong tetapi juga sangat cocok untuk melepas lelah. Salah satunya, di Warung Bambu yang berlokasi di Jl Raya Selecta, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Di warung lesehan ini rasa lelah anda akan benar-benar hilang. Selain menyediakan menu spesial, datang ke warung seakan menemukan kesejukan baru.

Sambil menyantap gurami bakar yang menjadi menu spesial, di sini anda akan dimanja dengan ikan-ikan koi yang siap memijat kaki anda. Maklum, di warung ini memang dikelilingi kolam ikan yang berisi ribuan koi besar dan kecil.

Untuk bermain dengan ikan-ikan itu anda tinggal membeli pakan ikan yang disediakan pemilik warung dalam bungkus plastik kecil seharga Rp. 1.000 per bungkus. Dengan menaburkan beberapa pakan ke kolam, ikan-ikan itu akan bergegas menghampiri anda. Saat ikan-ikan itu mulai berdatangan, segera julurkan kaki anda ke kolam. Begitu ikan menghampiri pakan yang anda sebarkan, anda akan merasakan kaki seakan dipijat refleksi oleh gerakan ikan yang berebut pakan.

Suasana ini memang sangat pas untuk melepas lelah dan mengisi perut kosong. Gemericik sumber mata air yang sangat jernih dan alami menambah kepuasan menikmati gurami bakar yang menjadi menu spesial lesehan ini. Menikmati gurami bakar di lesehan ini akan terasa beda dengan di tempat lain. Ini bukan semata-mata karena suasananya yang sangat mendukung tetapi karena ikan yang dimasak benar-benar masih segar.

Pusat kuliner lain yang juga sangat terkenal di Kota Wisata Batu adalah Payung. Kawasan ini menjadi tempat favorit para muda-mudi yang sekedar ingin melepas penat. Di sepanjang jalan di Payung terdapat ratusan kafe yang menyediakan makanan khas, jagung bakar, roti bakar dan mie. Meski banyak juga yang menyediakan nasi.

Lokasinya berada di pinggir jalan utama Batu-Pujon sekitar tiga kilometer sebelah barat Kota Wisata Batu. Kafe-kafe di kawasan ini dibikin lesehan yang dikotak-kotak sehingga tempat antara para pengunjung di sekatan kotak itu tidak saling mengetahui. Tempat itulah yang paling favorit dikunjungi pasangan muda-mudi.

Sambil beristirahat di kafe-kafe itu anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Wisata Batu dari atas. Hawa dingin dan berkabut membuat suasana di Payung menjadikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Sambil makan jagung bakar ditemani kopi atau susu hangat dijamin anda akan betah menghabiskan waktu di kafe-kafe di Payung tersebut.

Selain dua lokasi kuliner diatas, banyak restoran di Kota Wisata Batu yang siap menyambut wisatawan dengan aneka masakan khas seperti Warung Sate Kelinci di Jl Raya Beji Kota Wisata Batu. Di sepanjang Jl Raya Beji ini juga terdapat restoran lain yang juga menyajikan aneka masakan khas seperti Rest Ba-Be. Di beberapa sudut kota juga bertebaran warung dan restoran antara lain Rumah Makan Khas Jawa, Batu Suki, dan Grand Pallem. Puluhan pusat kuliner yang tersebar di beberapa sudut Kota Wisata Batu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, khususnya pada hari-hari libur.

//