Kranium sebagian besar dibentuk dari bagian – bagian tulang jenis membraneus terdiri atas lamina, interna dan lamina externa yang merupakan tulang padat yang dipisahkan oleh lapisan diploe (yang merupakan tulang spignosa)
Bagian kaoda (posteria) yang dorsal kranium yang dibentuk oleh os pitale, os interparietale dan os protale. Tanduk berkembang dari os protale khususnya hewan bertanduk. Dinding lateral dan ventral dibentuk oleh os temporale yang menyokong otak dan glanula pituitari.
Parsfasialis dapat dibagi menjadi daerah orgital nasal dan oral. Orbital seperti jalur yang menunjukan suatu selubung dan tulang yang melindungi mata selama hidup. Orbital dikelilingi oleh bagian-bagian os frontale, os lakriminale, dan os spigomatikus.
Bagian nasal dan oral menunjukan perukuran panjang seperti pada kuda atau relatif sangat pendek seperti pada manusia.
Dibagian ventrallateral bagian oral dilengkapi oleh mandi bula. Mandi bula berporos pada bagian os temporale yang didepan lubang telinga, pada mandi gula terdapat semua dendris bagian bawah merupakan tempat perlekatan otot yang berperan dalam proses pengunyaan dan penelaan.Kolumna vetebralis disusun oleh tulang-tulang yang terletak di media tidak berpasangan dan ireguler yang disebut vetebrae. Bagian-bagian verebrae meliputi korpus, askus, dan prosesus
Tubuh vetebrae atau korpus merupakan masa silindris yang membentuk bagian ventral vetebrae dan voramen vetebrae.
Bagian dorsal arkus melengkapi foramen vetebralis yang mengandung medulla spinalis.
Bagian kranial dan kaudal merupakan prosesus artikularis yang membentuk persendian dengan vetebral didepannya.
Prosesus spinosis merupakan tonjolan kedorsal yang membentuk bangunan runcing seperti duri.

prosesus fransiensus merupakan tonjolan kelateral pada arkus.
Vetebraserfikales mempunyai prosesus artikularis yang baik perkembangannya sehingga mampu memberikan sejumlah fasilitas sejumlah gerakan yang normal seperti yang dilihat pada didaerah leher.
Vetebra torakales ditandai oleh prosesus spinosis sangat berkembang dodaerah bahu prosesus spinosus membentuk pangkal pada prominansia dorsalis yang dikenal sebagai whiters.
Vetebrae lumbales mempunyai prosesus transvesus yang besar, pipih, menonjol kelateral. Bangunan tersebut membentuk lengan tulang yang panjang pada potongan tulang berbentuk T. prosesus pinosus sama dengan yang terbentuk pada beberapa vetebrae torakales yang terakhir.
Vetebra sakrales membentuk bangunan seperti pasak dan dikenal sebagai sakrun yang bersendi dengan vertebra lumbales dibagiab kranial dan dengan vetebrae kandales dibagian kaudal serta disebelah kronialateralis dengan ilium

About these ads